Linux Fundamentals

Linux merupakan sistem operasi yang fenomal dan mengagumkan. Hampir semua perangkat infrastruktur teknologi informasi saat ini dijalankan dengan menggunakan Linux. Begitu pula dengan perangkat  end-user maupun gadget yang digunakan saat ini, hampir semuanya menggunakan Linux sebagai basis sistem operasi-nya. Ini menghasilkan aturan yang tersirat bahwa para engineer teknologi informasi harus menguasai Linux. Sistem operasi yang satu ini merupakan sesuatu yang wajib dikuasai oleh para engineer yang berprofesi sebagai network administrator, system administrator, database administrator, web programmer maupun mobile programmer.

 

 

Buku ini adalah buku yang membahas dasar-dasar sistem operasi Linux.  Pembahasan buku ini dapat digunakan sebagai pondasi awal untuk menguasai Linux sehingga nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk keperluan computer network maupun programming. Pembahasan pada buku ini bersifat universal, sehingga dapat digunakan sebagai panduan awal untuk menguasai berbagai distribusi sistem Linux yang ada saat ini. Pada bagian akhir, disertakan sebuah pembahasan yang memperlihatkan bagaimana implementasi sistem operasi Linux saat akan membangun web server. Tentunya implementasi web server tersebut akan menggunakan penguasaan dasar-dasar sistem Linux yang menjadi pokok pembahasan utama dari buku ini.

 

Tujuan utama penulisan buku ini adalah untuk menyediakan literatur acuan bagi para engineer yang mengimplementasikan sistem Linux maupun para engineer yang ingin membaca literatur lanjutan lainnya tentang Linux.

MikroTik HotSpot Server

Mengelola jaringan dan akses Internet dengan berbagai macam karakteristik pengguna (user) bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika terdapat pengguna dengan kategori “tidak biasa” yang selalu menghabiskan resource jaringan. Pekerjaan ini menjadi lebih rumit karena pada umumnya pengelolaan dilakukan berdasarkan IP Address maupun MAC Address dari perangkat yang digunakan pengguna. Sehingga Administrator jaringan cenderung sulit untuk membedakan pemakaian akses Internet antara pengguna yang satu dengan yang lainnya.

 

Hotspot Server merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Router MikroTik yang ditujukan untuk mempermudah pengelolaan jaringan. Saat Hotspot Server diaktifkan, setiap pengguna harus memasukkan username dan password untuk bisa menggunakan akses jaringan maupun akses Internet. Sehingga, Administrator jaringan akan mudah melakukan pengelolaan jaringan, karena mampu mengenali setiap pengguna berdasarkan username yang digunakannya.

 

Hotspot Server akan memberikan berbagai kemudahan pengelolan jaringan. Pengguna jaringan akan dapat dibatasi waktu aksesnya, berapa lama akses Internet diberikan, pembatasan quota akses download maupun upload, alokasi bandwidth untuk setiap pengguna, akses Internet yang dapat dibedakan antar pengguna, berapa banyak perangkat yang dapat digunakan dan berbagai fitur lainnya yang akan sangat memudahkan pekerjaan Administrator jaringan.

 

Buku ini merupakan buku yang membahas instalasi dan konfigurasi Hotspot Server. Pembahasan akan dimulai dari sistem yang sangat sederhana sampai pada contoh skenario jaringan yang cenderung rumit. Berbagai parameter konfigurasi Hotspot Server akan dibahas detail beserta hasil apa yang didapatkan jika parameter-parameter tersebut diaktifkan. Pada bagian akhir buku ini, disertakan pembahasan User Manager yang umumnya digunakan sebagai pelengkap Hotspot Server. Semua pembahasan fitur Hotspot Server akan disertai langkah dan contoh konfigurasi.

MikroTik KungFu Kitab 1 (2019)

Router MikroTik adalah perangkat yang sangat fenomenal, irit hardware, memiliki banyak fitur, mudah dikonfigurasi (user friendly), dapat diinstall pada PC (Personal Computer) bahkan dapat dijalankan dalam bentuk virtual (cloud host router). Untuk mendapatkannya dalam bentuk dedicated router pun, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

 

Bagi para pemula dalam dunia Computer Network yang ingin  menggunakan Router MikroTik dapat membaca buku ini sebagai acuan awal. Namun bagi yang sudah menggunakan Router MikroTik, Anda tetap dapat menggunakan buku ini untuk memperdalam ilmu MikroTik Anda.

 

Buku ini membahas konfigurasi yang ditujukan untuk membagi koneksi Internet sehingga dapat diakses oleh sejumlah komputer pada jaringan lokal (Local Area Network).

Secara garis besar teknik-teknik konfigurasi yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

  • Konfigurasi dasar yang memungkinkan Router MikroTik membagi koneksi Internet yang didapatkan dari Internet Service Provider.
  • Konfigurasi DHCP Server untuk memberikan IP Address secara otomatis kepada komputer user. Juga disertai konfigurasi pengamanan jaringan dengan memanfaatkan DHCP Server.
  • Konfigurasi Firewall Filter dengan menggunakan chain forward untuk mengatur akses Internet yang bisa didapatkan oleh komputer user.
  • Konfigurasi Wireless Network yang membahas bagaimana membangun jaringan Wireless (Hotspot atau WiFi), mengaktifkan fitur security di jaringan wireless dan pemanfaatan fitur Virtual Access Point.
  • Konfigurasi Hotspot Server untuk melakukan manajemen pengguna jaringan dengan menggunakan halaman login (page login atau landing page)
  • Konfigurasi Manajemen Bandwidth dengan menggunakan Simple Queue, sehingga komputer user dapat berbagi bandwidth Internet secara wajar dan adil.
  • Konfigurasi Switch Chip yang memungkinkan penghematan perangkat jaringan.
  • Monitoring untuk peningkatkan kinerja router maupun peningkatan performa jaringan.