Request for Comment (RFC)

RFC adalah serangkaian dokumen yang digunakan dalam pengembangan dan standarisasi protokol Internet dan teknologi terkait. RFC menggambarkan spesifikasi teknis, metode, protokol, dan aturan yang berkaitan dengan fungsi-fungsi yang ada di dalam Internet, seperti protokol jaringan, layanan, dan aplikasi. RFC awalnya dikembangkan oleh Komunitas Teknik Internet (Internet Engineering Task Force atau IETF) dan telah menjadi standar untuk mendokumentasikan dan mengkomunikasikan ide, inovasi, dan perkembangan dalam dunia Internet. RFC mencakup berbagai topik, mulai dari protokol jaringan seperti TCP/IP hingga topik-topik yang lebih luas seperti keamanan jaringan, manajemen alamat IP, dan lain-lain. Setiap RFC memiliki nomor identifikasi yang unik dan biasanya disertai dengan penjelasan singkat tentang isinya. RFC dapat diajukan oleh anggota komunitas teknis Internet dan diterbitkan setelah melalui proses peninjauan dan persetujuan oleh komunitas tersebut. Dokumen RFC dapat diakses secara bebas oleh siapa saja yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang protokol dan teknologi yang digunakan di Internet.

RFC 1918 Address Allocation for Private Internets

RFC 1918 adalah sebuah dokumen standar dalam seri RFC yang menggambarkan penggunaan alamat IP privat dalam jaringan pribadi atau lokal. Dokumen ini berjudul "Address Allocation for Private Internets" dan diterbitkan pada Februari 1996. RFC 1918 merinci tiga blok alamat IP yang dialokasikan secara khusus untuk penggunaan dalam jaringan pribadi, dan alamat-alamat ini tidak akan dirutekan di Internet publik. RFC 1918 diciptakan untuk membantu organisasi dan individu dalam mengatur jaringan pribadi mereka tanpa perlu memiliki alamat IP publik yang unik untuk setiap perangkat dalam jaringan tersebut. Sebaliknya, alamat IP privat dapat digunakan dalam jaringan internal, dan NAT (Network Address Translation) digunakan untuk mengizinkan perangkat dalam jaringan pribadi untuk berkomunikasi dengan Internet melalui satu alamat IP publik.

RFC 1034 DOMAIN NAMES - CONCEPTS AND FACILITIES

RFC 1034 adalah dokumen standar dalam serangkaian RFC yang membahas tentang Domain Name System (DNS). Dokumen ini berjudul "Domain Names - Concepts and Facilities" dan diterbitkan pada November 1987. RFC 1034 membentuk dasar bagi pemahaman tentang cara sistem nama domain (DNS) bekerja dan konsep-konsep yang terkait dengan DNS. DNS adalah sistem yang digunakan di Internet untuk menghubungkan nama domain (seperti www.example.com) dengan alamat IP yang sesuai.

RFC 1035 Domain Names - Implementation and Specification

RFC 1035 adalah dokumen standar dalam seri RFC yang membahas tentang Domain Name System (DNS) dan digunakan sebagai spesifikasi teknis untuk DNS. Dokumen ini berjudul "Domain Names - Implementation and Specification" dan diterbitkan pada November 1987. RFC 1035 adalah pendamping dari RFC 1034, yang membahas konsep dan prinsip dasar DNS, sedangkan RFC 1035 lebih mendetail dan menguraikan implementasi serta spesifikasi teknis DNS.

Peraturan Pemerintah

Beberapa Peraturan Pemerintah Republik Indonesia yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sangat penting untuk mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan Pemerintah untuk menjaga ketertiban dan keamanan pelaku dan pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi

PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2023 TENTANG PENGGUNAAN SPEKTRUM FREKUENSI RADIO BERDASARKAN IZIN KELAS

Bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, optimalisasi penggunaan spektrum frekuensi radio, dan adanya alokasi tambahan spektrum frekuensi radio yang dapat digunakan berdasarkan izin kelas maka PERMENKOMINFO No. 1 Tahun 2019 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio berdasarkan Izin Kelas perlu diganti. Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud, perlu menetapkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio Berdasarkan Izin Kelas.